Wakil Ketua DPRD Barut Dampingi Pengunjuk Rasa Terlibat Karhutla.

Muarateweh ,skpknews.com.- Wakil ketua DPRD Kabupaten Barito Utara Permana Setiawan dan Benny Siswanto S.Sos dari Fraksi PKB, dampingi pengunjuk rasa yang dikawal perwakilan beberapa LSM mengarahkan ratusan warga peladang melakukan demo ke Kantor DPRD dan Pengadilan Negeri Muarateweh Jumat, 7 Desember 2019.

Para pengunjuk rasa menuntut hak para peladang diperhatikan dan meminta dua peladang kerabat mereka yang ditahan yaitu Saprudin dan Antonius segera dibebaskan yang diduga membakar lahan.

Apeng salah satu warga menuturkan pada awak media , terkait penangkapan Antonius ada kejanggalan hingga didakwa menjadi tersangka pembakar lahan. Beliau mengatakan hal itu berawal dari salah seorang warga Desa Kamawen berstatus Kepala Sekolah SDN inisial H mendapat permintaan dari Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk mengambil foto titik api. Saat mengambil titik api melalui HP Android tanpa sengaja wajah dan badan sdr Antonius terekam kamera, kemudian saat pengiriman file ke Kepala BPBD( pemesan foto) juga terkirim ke akun Facebook pribadinya, dan kesalahan pengiriman menjadikan masalah batu bagi sdr Antonius.

Pengunjuk rasa yang didampingi anggota DPRD bersikukuh meminta keadilan agar dua peladang dibebaskan dulu melalui proses pemindahan tahanan rutam menjadi tahanan rumah , walaupun proses hukum tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Ketua Pengadilan Negeri Muarateweh Cipto Hosari didampingi Teguh Indarso sebagai humas, mempersilahkan mengajukan surat permohonan saat sidang, menurutnya Pengadilan sudah mengatur untuk melakukan proses hukum, dan tidak mungkin menabrak hukum itu sendiri , masyarakat harus percaya karena hakim akan memberikan keputusan dengan adil sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. ( car).

Leave a Reply

%d bloggers like this: