Menurut Media Inggris The Guardian: Mayjen Qassim Sulaimani Orang Berpengaruh Yang Tampaknya Tak Terlihat Dan Tak Tersentuh.

Harian terkemuka Inggris, The Guardian merilis daftar 10 tokoh di balik layar paling berpengaruh di tahun 2020. Menurut koran Inggris itu, Komandan Pasukan Qods, IRGC memainkan peran sentral dalam aktivitas regional Iran.

Fars News (30/12/2019) melaporkan, surat kabar The Guardian, Minggu (29/12) memasukkan nama Komandan Pasukan Qods, Korps Garda Revolusi Islam Iran, IRGC ke daftar 10 tokoh di balik layar paling berpengaruh dunia di tahun 2020.

Menurut The Guardian, di setiap negara terdapat figur-figur yang jauh dari jangkauan media dan sangat jarang muncul di muka publik, namun memainkan peran kunci dalam pengambilan kebijakan dan pencapaian tujuan nasional.

Orang-orang semacam ini tidak terlalu dikenal tapi memiliki pengaruh yang sangat besar, dan mereka bekerja di balik layar.

Koran Inggris itu menulis, Qassem Soleimani adalah seorang mayor jenderal tampan yang menyeramkan di IRGC, ia adalah komandan Pasukan Qods dan bertanggung jawab atas operasi-operasi rahasia Iran di luar negeri. Soleimani adalah salah satu tokoh paling kuat di Timur Tengah.

“Jenderal Soleimani adalah jantung dari serangkaian operasi regional Iran, ia tidak terlihat dan tampaknya tak tersentuh. Amerika Serikat dan Israel diduga telah berusaha melenyapkannya lebih dari satu kali,” imbuhnya.

Selain Mayjen Soleimani terdapat 9 tokoh di balik layar lain yang menurut versi The Guardian merupakan orang-orang paling berpengaruh di tahun 2020, di antaranya Vladislav Surkov dari Rusia, Sibeth Ndiaye dari Perancis, Ajit Kumar Doval dari India, Stephen Miller dari Amerika, Mohamed Hamden Dagalo dari Sudan, Peter Altmaier dari Jerman, Ibrahim Kalin dari Turki, Liu He dari Cina, dan Miguel Díaz-Canel dari Kuba.

Leave a Reply

%d bloggers like this: