Danramil, Polsek, Camat, Penghulu Bersama MPA Dan RT,Cek Titik Kordinat Pembuatan Embung Air

Rokanhilir, SKPKNews.com – Camat Bangko Pusako Bakhori S.Ag beserta Danramil 05/Rimba Melintang, Kapolsek Bangko Pusako AKP Kornel Sirait SH, Penghulu Bangko Lestari Jonni Limbong melaksanakan peninjauan titik pembuatan embung air dan normalisasi kanal Bourtrem di Kepenghuluan Bangko Lestari,Kecamatan Bangko Pusako, Rokan Hilir, Kamis (9/1/20).

Camat Bangko Pusako Bakhori, Kamis (9/1/20) mengatakan bahwa embung air yang akan dibuat di Kepenghuluan Bangko Lestari yang berbatasan dengan Kepenghuluan Bangko Bakti tersebut guna persiapan musim kemarau, dan antisipasi karhutla.

“Sesuai program pusat yang mengharuskan setiap Kepenghuluan/Desa untuk membuat embung air, maka dari itu kita gesa pembuatannya agar setiap Kepenghuluan yang ada di Kecamatan Bangko Pusako untuk membuat nya,” jelasnya.

Danramil 05/RM Kapten Czi A Panjaitan dan Kapolsek Bangko Pusako AKP Kornel Sirait SH menyampaikan hal senada, bahwa embung air tersebut mempermudahkan pasokan air untuk memadamkan api jika terjadi kebakaran di musim kemarau yang akan datang.

“Embung air ini dikondisikan didaerah daerah yang dianggap rawan kemungkinan terjadinya kebakaran lahan dan hutan,” jelas mereka.

Penghulu Bangko Lestari Jonni Limbong, Kamis (9/1/20) mengatakan bahwa titik koordinat pembuatan embung air antisipasi karhutla di Dusun Bourtrem Jaya sudah ditentukan.

“Kami bersama masyarakat peduli api Bangko Lestari terus berusaha dalam menggesa pembuatan embung air ini, semoga dengan kondisi cuaca yang tidak menentu ini tidak ada hambatan yang berarti,” katanya.

Lanjut Penghulu, normalisasi kanal Dusun Bourtrem yang menembus kekanal kepenghuluan Bangko Bakti sudah hampir selesai, walau ada sedikit problem, namun semua dapat teratasi.

“Normalisasi kanal ini berkat kerjasama dengan pihak perkebunan sungai Rumbia 2, dengan panjang berkisar 6100 meter. Diharapkan normalisasi ini dapat mengurangi debit air hujan yang membanjiri lahan-lahan warga,” harapnya.

(ATG)

Leave a Reply

%d bloggers like this: