Keluhan Masyarakat Langka nya Pupuk Bersubsidi Di Ta-Put

Tapanuli Utara Skpknews.com – Tahun ini Petani di Kabupaten Tapanuli Utara banyak mengeluh,bisa kemungkinan besar banyak yang gagal panen.

Alasannya,Pupuk jenis Phonska dan Urea bersubsidi saat ini sangat langka di Kabupaten Tapanuli utara. Beberapa orang petani yang sedang berbincang bincang di salah satu warung kopi mengatakan,kemungkinan besar panen padi tahun ini 80% pasti gagal,ucap mereka sambil minum kopi dan membahas keadaan yang di rasakan oleh petani saat ini.

Saat dikonfirmasi awak media,salah seorang dari mereka menjawab”kami belum menerima pupuk sampai saat ini,pupuk yang mau di beli pun tidak ada.sementara padi yang sudah kita tanam bln 11 dan 12 lalu harusnya sudah ditabur dengan pupuk.

Namun sampai saat ini sawah yang sudah kami tanami padi belum juga kami taburi pupuk,aturannya bln Februari kemarin sudah harus ditabur,ini sampai sekarang belum juga di pupuk.pada hal tinggal 2 bln lagi kami panen.”molo songonon do maolni pupuk ahama panen on,maup nama on,dang adongbe hasil buaton nami”,.ucapnya mengakhiri.

Di tempat berbeda,saat salah seorang pekerja dari kios yang sudah di tentukan Pemkab taput untuk membagikan pupuk bersubsidi,saat dikonfirmasi mengatakan hal yang sama.

“Pupuk yang sudah kami berikan pada petani hanya sedikit,itupun atas nama kelompok tani,bagi yang tidak masuk kelompok tani,kami tidak ada ijin dari perusda untuk memberikan.ucapnya.
Dari pantauan awak media,Tahun ini petani kabupaten Tapanuli utara pasti banyak yang gagal panen.bukan hanya di satu desa,tapi di seluruh Kabupaten Tapanuli Utara.

Apalagi untuk saat ini,yang bisa menerima pupuk bersubsidi hanya anggota kelompok tani,petani yang lainnya tidak akan menerima pupuk bersubsidi apabila tidak masuk anggota kelompok tani.
Hingga berita ini di lansir,Perusda dan Kepala Dinas Pertanian belum bisa dinkonfirmasi terkait masalah keluhan para petani(IB.S)

Leave a Reply

%d bloggers like this: