Aliansi Wartawan Labusel Unjuk Rasa Terkait Dana Publikasi

Labuhan batu Skpknews.com – Aliansi Wartawan Labusel (AWL) berunjukrasa komitmen memulai dari titik kumpul SPBU Teluk Pinang bergerak sekitar pukul 10.00 wib melalui Jalan lintas Sumatara Bukit Kotapinang sambil meneriakkan, Copot !!! Sekda Zulkipli Chaniago, S.IP, MM, yang tidak teransparan terhadap penggunaan anggaran Tahun 2018 Bagian Humas dan Protokol Sekda.

“Mengangarkan kegiatan penyebarluasan informasi daerah (dana publikasi) yang terealisasi sebesar Rp. 2,4 miliar lebih terhadap media cetak, elektronik dan Online yang dioperasikan di bumi” Santun Berkata Bijak Berkarya “Pemkab labuhanbatu Selatan.

“Kegiatan belanja tersebut terdiri dari belanja
usaha dan belanja cetak. Unras mendapat iringan pengawalan mobil patroli polisi Polsekta Kotapinang menuju Komplek Kantor Bupati
Labuhanbatu Selatan Desa Sosopan, Kotapinang, rabu 4/3/2020.

AWL tiba di depan pintu pagar Komplek Perkantoran Bupati Labuhanbatu Selatan dihadang oleh Satpol PP berseragam lengkap anti huru hara, sempat ditekuk dan bisa diangkut oleh polisi yang dilengkapi langsung Kapolsekta Kotapinang, Kompol Semen S WTW, didampingi oleh Kanit Sabara AKP Asriada. Sekitar 4 jam lebih berunjuk rasa didepan pagar, perkantoran Bupati labuhan batu.

Akhirnya Sekda Zulkifli hadir yang  dijemput oleh Kapolsekta Kotapinang, Kompol Semen S WTW dengan proses negosiasi yang panjang sempat membuat antrian kendaraan panjang lebih kurang 5 km diruas Jalan Lintas Sumatara.

Sekdakab Labusel Zulkifli pada kesempatan itu, memberi penjelasan terkait realisasi penggunaan dana publikasi. Pada anggaran tahun 2018 mendapat temuan dari BPK RI bahwa anggaran tersebut merupakan pemborosan sehingga pada anggaran tahun 2019 tidak dapat direalisasikan lagi.

“Laporan temuan BPK RI kita terima di bulan 5 (Mei) 2019, sehingga pemberitahuan terhadap rekan-rekan wartawan semua terlambat dan dana tersebut, tidak dapat dibayarkan lagi dan sudah disilvakan pada kas
daerah”, jelas Zulkifli sambil meninggalkan unras.

Tidak puas atas penjelasan Sekda tersebut, AWL melanjutkan aksinya menuju Kantor Kejari Labuhanbatu Selatan sekaligus menyerahkan berkas laporan oleh Koordinator Aksi Porkot Pulungan terhadap PLH Kejari Labusel Kasi Pidum Symon di depan pintu Pagar Kantor Kejari labuhanbatu Selatan.

Symon berjanji, Kami akan memperoses laporan ini sesuai ketentuan yang lerlaku, dan mengupayakan memanggil Sekda untuk diperiksa ”, ucapnya.

Mendapat tanggapan dan jawaban dari Kejari Labuhanbatu Selatan AWL terus melanjutkan unras ke Kantor DPRD Labusel Jalan Lintas Sumatara
Badagei Kotapinang mendapat sambutan oleh Ketua DPRD Labusel Edy Parapat dan Wakil Ketua H.Zainal Harahap.

“Permintaan rekan-rekan terkait Dana Publikasi tersebut, meminta penangguhan 2 (dua) hari untuk melaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP). Kami meminta 2 perwakilan dari rekan perwakilan datang ke DPRD ini untuk menyetujui jadwal RDP yang dilaksanakankan. Kami akan upayakan Sekda dapat hadir pada RDP nanti,
pungkas Edy Parapat yang didampingi H. Zainal Harahap. (Tim)

Leave a Reply

%d bloggers like this: