PN Jaktim Tetap Menjalankan aktivitas Sidang Pidana Bila JPU Bawa Tahanan

Jakarta, SKPKNews.com – Pengadilan Negeri Jakarta Timur tidak menunda persidangan pidana bila JPU membawa terdakwa di pengadilan, walaupun sebagian instansi pemerintah dilibur selama 14 hari untuk mengantisipasi penyebaran infeksi virus Covid 19.

“Sidang (untuk perdata) memang kami tunda untuk sementara karena waktunya sangat panjang sampai batas waktu yang ditentukan oleh pemerintah pusat libur dan (untuk perkara pidana) Tidak ada libur, sepanjang JPU membawa tahanan ke PN berarti sidang berjalan terus, Hakim hanya menunggu tahanan datang kita sidangkan, tahanan tidak datang ya kita tunda, begitu kira-kira,” kata Humas PN Jaktim Safrudin Ainor R. SH. MH saat dihubungi media SKPKNews.com, Selasa (18/3).

Ainor Menambahkan dalam menanggapi penyebaran infeksi virus corona covid-19 di Indonesia, yang di umum bapak Presiden Joko Widodo agar semua aktivitas dihentikan sementara namun PN Jaktim tetap menjalankan aktivitas sidang perkara pidana karena di kwatirkan masa tahanannya akan berakhir dan bebas demi hukum, Jelasnya Ainor.

Dan Presiden Joko Widodo sudah meminta pada masyarakat agar melakukan aktivitasnya di rumah. Juga mengurangi pergi ketempat keramaian agar terhindar dari virus covid 19.

“Kepada seluruh rakyat Indonesia saya harap tenang, tetap produktif agar penyebaran Covid-19 ini bisa kita hambat dan kita setop. Dengan kondisi ini, saatnya kita bekerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah,” kata Jokowi dalam konferensi pers, Minggu (15/3).

Presiden Jokowi juga meminta kepada para kepala daerah membuat kebijakan sesuai kondisi daerahnya masing-masing menyangkut proses belajar dari rumah bagi pelajar/mahasiswa.

“Untuk pelayanan pada masyarakat, tetap dilaksanakan artinya masih ada pelayanan agar tidak terhambat namun dikerjakan melalui pelayanan Digital yang masing-masing sudah ada website yang ada instansi,” ungkap Jokowi.

Pengadilan Negeri Jaktim menghargai atas intruksi Presiden Jokowi, mengumumkan untuk libur selama 14 hari dan beraktivitas dirumah. Akan tetapi PN Jaktim akan tetap menjalan persidangan perkara pidana bila jaksa penuntut umum membawa tahanan ke pengadilan akan disidangkan apalagi masa tahanannya  mendesak karena hakim akan menjatuhkan vonis pada terdakwa tersebut.

(Alred03)

Leave a Reply

%d bloggers like this: