Sri Mulyani Tanggapi Kebijakan AS ke Huawei

Jakarta, skpknews.com- Kondisi ekonomi global dirundung beberapa permasalahan krusial. Permasalahan tersebut timbul justru dari kebijakan para leader di negara-negara maju. Bukan karena natural.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menjelaskan masalah resesi, perang dagang, currency war dan kondisi buruk di global bukan sepenuhnya natural case.

“Apakah resesi ini manmade atau natural? Manmade ini kala kebijakan yang dibuat dan diperkirakan akan ciptakan pelemahan ekonomi dunia,” katanya.

Ia menyampaikan hal ini dalam acara Seminar Nasional Nota Keuangan RAPBN 2020: Mengawal Akuntabilitas Penerimaan Negara di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Tantangan eksternal yang sifatnya natural adalah perubahan iklim yang pengaruhi kondisi semua negara di dunia dan juga Indonesia. Menurutnya, ada juga tantangan dalam bentuk policy made seperti kenaikan suku bunga dan penurunan suku bunga.

“Dan ketidakpastian arah kebijakan karena tensi politik. Persaingan seperti tindakan AS ke Huawei. Itu semua tantangan eksternal yang bukan dalam rangka kita cari alasan, tapi bentuk kemampuan kita untuk mendiagnosa faktor apa yang bisa pengaruhi upaya Indonesia dalam tujuan kita bernegara,” tutur Sri Mulyani. 

“Oleh karena itu, kondisi eksternal dinamis baik dari sisi ekonomi security dan politik harus jadi suatu yang kita waspadai karena semuanya menjurus pada downside risk,” jelas Sri Mulyani.

Leave a Reply

%d bloggers like this: