Teknik Dasar Bermain Bola

Permainan  membutuhkan beragam keterampilan yang perlu dipelajari pemain pemula. Ada beberapa teknik dasar sepak bola untuk pemula. Apa saja?

Selain memiliki sejumlah kemampuan atletik untuk dapat berlari, mengubah arah, dan mempertahankan keseimbangan, pemain membutuhkan keterampilan khusus untuk menjalankan permainan.

 

Setiap orang mungkin telah banyak mendengar tentang macam-macam teknik dasar sepak bola, termasuk 5 teknik ini, tetapi tantangan sebenarnya adalah menguasainya. Setelah teknik dasar ini dikuasai, kamu dapat bermain dengan menggabungkan komunikasi dan kerja tim di lapangan. Pastinya, tujuan teknik dasar sepakbola yakni untuk menciptakan gol sebanyak-banyaknya.

Berikut teknik dasar sepak bola untuk pemuka dan penjelasannya dari berbagai sumber:

  1. Dribbling Atau Menggiring Bola

    Menggiring bola dalam sepakbola sangat penting. Hal ini memungkinkan pemain untuk tetap memiliki bola sambil bergerak ke arah ujung lapangan lawan atau untuk membuat ruang agar bisa menembakkan bola dan membuat umpan.

    Disarankan agar para pemain berlatih menggiring bola sebanyak mungkin. Semakin banyak berlatih, maka akan semakin baik jadinya. Berikut adalah beberapa latihan untuk meningkatkan dribbling.

    a. Dribbling Jarak Dekat

    Tempatkan 10 cones (kerucut) secara berjajar di area latihan dengan diberi jarak setengah meter, giring bola di antara cones menggunakan semua permukaan kaki detikers, gunakan sentuhan cepat untuk memandu bola di sekitar cones dalam pola berliku yang terkontrol.

    b. Dribbling Bolak-balik

    Bariskan 6 hingga 10 kerucut secara terpisah dengan jarak 5 meter, giring bola di antara cones dengan berliku, pertama menggunakan bagian dalam kaki hingga selesai melewati ujung cones yang sudah dijajarkan, kemudian ganti menggunakan kaki bagian luar.

    Ulangi latihan secara bergantian antara bagian dalam dan luar kaki, berputar ke kanan lalu ke kiri masing-masing.

    2. Juggling

    Juggling dapat membantu pemain dengan kontrol bolanya, koordinasi, dan dapat membantu meningkatkan reaksi pemain. detikers harus berlatih juggling setiap hari setidaknya 10 menit sehari. Setiap hari cobalah untuk meningkatkan berapa kali menjaga bola di udara. Berikut latihan untuk belajar juggling:

    Pegang bola dengan kedua tangan dan jatuhkan ke tanah. Gunakan salah satu kaki untuk menyentuh bola ke atas sehingga dapat menangkapnya dengan tangan. Mulai lagi dan ketuk bola ke atas dengan kaki dua kali sebelum menangkapnya. Terus ulangi cara di atas dengan tambahkan beberapa kali sentuhan bola sebelum menangkapnya. detikers dapat mengganti kaki selama sesi latihan.

    3. Passing atau Mengumpan

    Umpan-umpan yang baik dalam tim sepak bolamampu mempertahankan bola dalam kendali permainan tim dan menjadikannya sebuah serangan ke pertahanan tim lawan.

    Dalam banyak hal, passing sama pentingnya dengan menembakkan bola untuk mencetak gol. Ada berbagai jenis operan dalam sepak bola dan penting untuk melatihnya. Berikut adalah dua latihan untuk mempelajari berbagai jenis operan:

    a. Passing Bolak-balik dengan 3 Pemain

    Posisikan 3 pemain sekitar 10 meter, secara sejajar. Pemain di tengah akan menerima umpan dari satu pemain dan meneruskannya kembali ke pemain selanjutnya, terus ulangi passing tersebut ke pemain tengah ke pemain lain, lanjutkan selama beberapa menit dan beralih posisi.

    b. Cone Game

    Pemain berpasangan dan berdiri saling berhadapan dengan membuat lingkaran
    mengelilingi 6 atau 8 kerucut di tengah lingkaran sebagai target, cobalah untuk menjatuhkan kerucut dengan umpan akurat.

    4. Kontrol Bola

    Menerima umpan dalam sepak bola dengan kaki adalah keterampilan penting dalam sepakbola. Sebuah passing akan terlihat baik ketika pemain yang menerimanya mempunyai kemampuan untuk menerima serta mengontrol bola, dan tim terus mengendalikan permainan. Mempraktekkan keterampilan ini penting bagi semua pemain sepak bola muda, berikut latihannya:

    – Menggunakan dinding

    Beri jarak 5 meter dari dinding untuk menendang bola, tendanglah bola ke dinding dengan salah satu kaki dan terima dengan kaki lainnya. Saat menerima, seorang pemain harus berlatih menghentikan dan mematikan bola, ulangi hingga 10 kali dan kemudian ganti kaki lainnya untuk menendang dan menerima bola.

    5. Shooting Atau Menembak

    Belajar menembak dalam sepak bola adalah salah satu keterampilan paling penting yang dibutuhkan pemain. Dua keterampilan terpenting saat menembak adalah kekuatan dan akurasi.

    Pemain harus berlatih keduanya dan harus bisa menendang bola dengan kaki kanan maupun kirinya. Latihan yang satu ini menggabungkan latihan-latihan yang sudah diuraikan di atas:

    – Satu Kali Umpan Langsung Tembak

    Kali ini targetnya adalah gawang sebenarnya, dengan bantuan satu pemain di luar area penalti sebagai pengumpan dan pemain bertahan lawan atau bisa menggunakan cone. Hal ini sebagai tanda pemain lawan yang sedang menjaganya, pemain lain yang akan menembak berlari ke sisi gawang untuk menerima umpan melewati pemain lawan, kontrol bola untuk mengambil langkah kemudian menembaknya ke arah sudut gawang.

    Penembak harus mempunyai kerja sama yang baik dengan pemain dalam tim dan melakukan tembakan yang keras serta akurasi yang tepat.

    Latihan ini akan meningkatkan ke level permainan detikers selanjutnya. Terus belajar dan cermati aksi-aksi bintang lapangan hijau sebagai tuntunan dan memacu semangat dalam belajar . Jangan lupa pelajari update peraturan sepak bola dari FIFA agar lebih berhati-hati dalam permainan.

Leave a Reply

%d bloggers like this: