Kejari Beltim Lakukan Edukasi Hukum Dalam Program Jaksa Masuk Sekolah

Beltim, skpknews.com – Kejaksaan Negeri Belitung Timur menggelar program Jaksa Masuk Sekolah (JSM) di Ruang Multimedia SMAN 1 Manggar ini dihadiri oleh Kepala SMAN 1 Manggar, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan,  dan 50 orang siswa. Rabu (14/10/2020).

Kegiatan dengan tema “Kenali Hukum, Jauhkan Hukuman” ini, materi disampaikan Kepala Seksi Intelijen, Angga Insana Husri dan M. Agus dari Kejari Beltim.

Dimana materi yang disampaikan merihal kejahatan siber (cybercrime), perundangan di dunia maya (cyberbullying) dan sosialisasi UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Berdasarkan rilis, Pentingnya literasi digital dan literasi hukum di kalangan remaja ini sangat esensial dan menjadi landasan program JMS ini untuk mengedukasi sekolah-sekolah di Beltim.

Kepala SMAN 1 Manggar, Sabarudin dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pemahaman hukum kepada peserta didik di sekolah.

“sangat penting bagi siswa untuk mengetahui cara benar dan cara cerdas dalam mengelola atau berliterasi digital sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.Tanpa pengetahuan yang benar, remaja mudah terjebak dan terjerumus dalam kesesatan dalam menggunakan media sosial dan meneruskan informasi-informasi yang mengandung hoaks,” ujar Sabarudin.

Ketua OSIS SMAN 1 Manggar M. Ghozi Gazali  yang ikut hadir pada acara tersebut mengungkapkan acara ini sangat penting bagi kaula muda.

“JMS ini mampu mengenalkan figur jaksa dan perannya di dalam masyarakat. Selanjutnya, kegiatan ini memberikan kesadaran akan esensialnya hukum di mata remaja dan mengerti pula tentang hukum ITE serta cara bermedia sosial yang baik sesuai ketentuan hukum,” katanya.( */vn)

Leave a Reply

%d bloggers like this: