Penularan Covid-19 Melonjak, Gugus Tugas Minta Tinjau Ulang KBM Tatap Muka

BABEL, skpknews.com – Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangka Belitung, Aswin meminta kabupaten atau kota yang pada peta risiko tinggi penularan Covid-19 untuk meninjau kembali pembelajaran tatap muka. Jumat (25/9/2020).

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangka Belitung, Aswin

Aswin mengatakan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap harus dievaluasi kembali mengingat situasi terkini tentang perkembangan kenaikan jumlah kasus Covid di beberapa kabupaten atau kota.

“Untuk antisipasi penyebaran Covid, maka untuk sementara waktu dilakukan peninjauan kembali KBM tatap muka, berdasarkan data per 20 September 2020, sesuai peta zonasi risiko penyebaran Covid-19, hanya Kabupaten Belitung Timur yang zona hijau atau tidak ada penambahan kasus dalam kurun waktu 14 hari terakhir. Selebihnya daerah lain berada di risiko rendah (kuning), kecuali Kota Pangkalpinang zona sedang (warna orange). Berdasarkan peta risiko tersebut, Kota Pangkalpinang memiliki risiko yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kabupaten lain jika melangsungkan KBM tatap muka,” jelas Aswin.

Ia mengingatkan untuk kabupaten atau kota yang peta risikonya sedang atau tinggi, sebaiknya sementara waktu meninjau kembali pemberlakuan KBM tatap muka. Sementara untuk yang zona rendah dan tanpa ada penambahan, bisa saja melakukan KBM tatap muka namun memberlakukan protokol kesehatan secara ketat.

“Khusus untuk SLTA/SMK yang ada di Kota Pangkalpinang, biasanya dari pihak sekolah meminta bantuan petugas pengawas protokol kesehatan dari Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Bangka Belitung selama beberapa hari,” tukas Aswin.(fiz/veno)

Leave a Reply

%d bloggers like this: